Kamis, 06 Maret 2014

Tips Merawat Baterai Android Agar Tetap Prima

Tips Merawat Baterai Android Agar Tetap Prima
Baterai merupakan sumber tenaga pada sebuah perangkat android. Oleh karena itu, baterai menjadi salah satu komponen terpenting pada android. Namun baterai merupakan komponen yang rentan rusak, karena hampir setiap hari diisi ulang dayanya (charge). Hal itu sebenarnya akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek, apalagi jika kita tidak merawatnya dengan baik.
Memang salah satu kekurangan ponsel android/smartphone lainnya adalah baterai yang tidak tahan lama. Wajar saja, karena semakin canggih ponsel yang kita gunakan, maka ponsel tersebut membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Hal itu dikarenakan, smartphone lebih banyak menggunakan aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai dibandingkan dengan ponsel biasa.
Akan tetapi kita bisa melakukan beberapa hal dalam merawat baterai android agar lebih tahan lama. Ya.. setidaknya untuk memperpanjang umur baterai android dan membuatnya tetap prima. Berikut adalah tips yang bisa kita lakukan.

1. Matikan ponsel ketika sedang diisi ulang. Hal ini penting agar baterai android terisi secara optimal dan hitungan tegangannya pun akan tetap akurat. Selain itu, hindarkan ponsel yang sedang di charge dari tempat yang panas atau hangat.
2. Isilah baterai sebelum benar-benar habis (0%). Sebaiknya kita cepat-cepat mengisi daya baterai apabila sudah ada pemberitahuan 'baterai lemah' atau sejenisnya (sekitar 10% - 15%). Jangan pernah menunggu ponsel mati, karena hal itu akan membuat umur baterai semakin berkurang. Kita juga harus bersabar menunggu baterai sampai benar-benar terisi penuh (100%).
3. Lakukan pengisian sewajarnya. Jangan pernah kita mengisi baterai ponsel pada saat akan tidur, karena pengisian baterai hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Jika berlebihan, maka akan menimbulkan bahaya pada baterai itu. Dan setelah baterai terisi penuh, sebaiknya langsung cabut charger dari perangkat android.
4. Istirahatkan android anda. Bukan hanya manusia yang perlu istirahat, disaat-saat tertentu android pun harus kita istirahatkan. Misalnya setelah kita gunakan selama berjam-jam dan terus menerus. Dan sebaiknya, kita tidak menggunakan ponsel android dalam waktu yang panjang, karena hal itu akan membuat baterainya cepat habis (tidak tahan lama).

Semoga saja dengan mempraktekkan tips-tips diatas baterai android anda akan tetap prima dan tahan lama. Dan sebenarnya tips ini tidak hanya berlaku untuk ponsel android, namun berlaku juga untuk semua jenis ponsel seperti Symbian, Java, Iphone, dan sebagainya. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar