Jumat, 07 Maret 2014

Asal usul gitar

gitar? atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Mungkin saja jumlah pemain gitar dunia akan lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pemain alat musik lainnya, dari yang pemula hingga kelas profesional dunia. Dan apabila anda adalah salah satu dari pemain gitar yang ada dimuka bumi ini tentu saja bisa dibilang anda sendiri adalah seorang pecinta gitar, yang mungkin juga merasa tidak bisa hidup tanpa gitar yang seakan-akan alat musik ini adalah bagian dari hidup anda.


Mungkin saja jumlah pemain gitar dunia akan lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pemain alat musik lainnya, dari yang pemula hingga kelas profesional dunia. Dan apabila anda adalah salah satu dari pemain gitar yang ada dimuka bumi ini tentu saja bisa dibilang anda sendiri adalah seorang pecinta gitar, yang mungkin juga merasa tidak bisa hidup tanpa gitar yang seakan-akan alat musik ini adalah bagian dari hidup anda.

Jika hal tersebut memang demikian alangkah baiknya jika kita mengenal sejarah dan asal-usul dari alat musik yang sangat kita cintai ini agar permainan anda lebih berasa atau ngesoul istilahnya. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan dari Wikipedia ada kemungkinan Gitar sudah ada sejak sekitar 1500 tahun sebelum masehi dari wilayah Persia, yaitu terdapatnya alat musik petik yang memiliki nama Citar atau Sehtar.

Dalam perkembangannya alat musik Citar ini berkembang menjadi berbagai macam alat musik gitar kuno dan secara umum dikenal sebagai Tanbur. Hingga akhirnya pada tahun 476M dibawa oleh orang Romawi ke Spanyol yang kemudian berubah menjadi alat musik yang dikenal sebagai Guitarra Morisca, yaitu alat musik petik yang memiliki fungsi untuk menghasilkan nada melodi, dan juga Guitarra Latina yang berfungsi untuk memainkan akor.

Disisi lain sekitar 3 abad kemudian di Spanyol juga muncul alat musik petik lainnya namun untuk yang satu ini dibawa oleh bangsa Arab dan dikenal sebagai alat musik Al Ud. Dalam hal ini sehingga di Spanyol terdapat macam-macam alat musik petik yang dahulunya dibawa oleh orang Romawi dan juga orang Arab, dan karena munculnya beberapa alat musik petik tersebut akhirnya juga berkembang sebuah alat musik petik baru di Spanyol yang merupakan hasil perpaduan dari alat musik yang dibawa orang Romawi dan orang Arab yang memiliki nama Vihuela.

Alat musik Vihuela hingga akhirnya menjadi populer di Spanyol sedangkan alat-alat musik sebelumnya semakin ditinggalkan, walaupun untuk alat musik Al Ud yang berasal dari Arab semakin berkembang dibeberapa negara di Eropa Barat. Hingga akhirnya Vihuela semakin lama kian berkembang selama berabad-abad menjadi bermacam-macam alat musik yang kemudian akhirnya dikenal menjadi gitar klasik hingga saat ini.

Sebenarnya mengenai sejarah dan asal-usul dari alat musik gitar ini banyak sekali versinya, dan yang tertulis diatas adalah salah satunya yang kami dapatkan dari sumber Wikipedia. Selain itu seperti kita ketahui hingga jaman modern seperti sekarang ini juga berkembang gitar-gitar elektrik yang banyak digunakan oleh para musisi-musisi gitaris handal diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar