Sabtu, 08 Maret 2014

Manfaat Tidur Tanpaa Cahaya.

                                                                              


Manfaat Tidur Tanpaa Cahaya. Setiap manusia yang menjalani kegiatan di setiap harinya pasti akan membutuhkan istirahat di malam hari yang cukup. Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Bagaimana mendapatkan tidur yang berkualitas meski sudah tidur normal selama 7 hingga 8 jam disetiap harinya bahkan banyak orang yang memiliki gangguan tidur atau insomnia. Salah satu cara yang terbaik untuk medapatkan kualitas tidur yang efektif adalah dengan tidur dengan kondisi ruangan yang gelap.



Setiap manusia memiliki hormon melatonin, melatonin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian atau siklus bangun-tidur. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 – 10 malam, inilah yang membuat kita merasa mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur menjadi teratur.

Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan membuat otak kita terus bekerja sehingga membuat kita lebih sulit untuk segera tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital. Tidur dalam kondisi terang dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai lebih dari 50%. Banyak manfaatnya jika tidur dalam kondisi ruangan gelap yang dapat menghindarkan terkena kanker payudara bagi perempuan dan kanker prostat bagi kaum pria.

Manfaat lain yang lebih banyak lagi jika tidur tanpa adanya cahaya lampu di sekitar kita yang tentu saja bagi kesehatan tubuh kita antara lain

Quote:
1. Lebih cepat terlelap

2. Memperlambat proses penuaan

3. Meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer’s

4. Mencegah depresi dan membuat mood lebih baik

5. Mencegah kegemukan

6. Meningkatkan imunitas tubuh

7. Menurunkan risiko kanker

Tidurlah tepat waktu, sebaiknya tidur pada jam yang sama setiap harinya dan hindari konsumsi minuman beralkohol, kafein dan makanan berat atau memiliki kandungan gula yang tinggi.

1-2 jam sebelum tidur: Kurangi cahaya lampu ruangan Anda, hindari penggunaan komputer atau handphone dan duduk jauh dari televisi. Jika sedang membaca, gunakan lampu baca dibanding lampu yang dapat menerangi seluruh ruangan.

Saat akan tidur: matikan semua lampu dan sumber cahaya lainnya termasuk handphone, tidurlah dalam kondisi relaks dengan ruangan yang benar-benar gelap. Gunakan masker tidur untuk menutupi mata jika tidak bisa tidur dalam kondisi gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar